Rabu, 10 Desember 2014

Ini Sisi Positif Saat Anda Dilanda 'Badmood'



Ada saatnya seseorang sedang dilanda badmood atau suasana hati yang buruk. Saat sedang badmood, seseorang kerap merasa dunia tidak berada di pihaknya sehingga jika hal ini terus menerus dirasakan maka akan ada gangguan mood, gangguan kesehatan, hingga depresi.
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology mengenai sebuah studi pada tahun 2009 menunjukkan jika badmood ternyata memiliki sisi baik yakni manfaat positif bagi anda. Penelitian ini membandingkan badmood pembeli di beberapa cuaca mulai dari cuaca dingin, cerah, hingga hujan.
Saat badmood ternyata seseorang mengalami peningkatan memori dan memiliki ingatan yang lebih baik. Hal tersebut terlihat dari pembeli yang sedang badmood dan mampu mengingat rincian barang yang mereka lihat satu hari sebelumnya.
Para peneliti mendapati suasana hati yang buruk dapat membantu meningkatkan memori seseorang dan meningkatkan perhatian terhadap detil. Selain itu badmood membuat orang lebih skeptis dan berhati-hati saat menganalisis lingkungan mereka.
Orang-orang yang sedang badmood juga memiliki kemungkinan lebih kecil ditipu oleh orang lain. Selain itu ia juga lebih mudah termotivasi untuk mengantisipasi kegagalan dan mungkin saja dihadapi.
Beda dengan mereka dengan suasana hati positif kerap lebih mudah menyerah pada tugas-tugas sulit dan relatif lebih mudah terkecoh. Gejala badmood biasanya tidak parah dan akan hilang setelah beberapa hari. Hal ini berbeda dengan depresi yang berkaitan dengan perasaan sedih dan putus asa terus menerus hingga mempengaruhi pola hidup sehari-hari.
"Jika seseorang selalu dalam suasana hati yang buruk, mereka mungkin memiliki gangguan mood yang tidak terdiagnosis, seperti depresi kronis. Namun badmood sebenarnya masih bisa diatasi karena hanya dirasakan selama beberapa hari saja," kata Jaid Soares, MD, PhD, Profesor dan Ketua Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di The University od Texas Health Science Center seperti dilansir Everday Health.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar